Peduli Wabah Corona, Guru Fisika buat Tempat Cuci Tangan dari Kaleng Bekas

Saat pulang dari Kantor, pasar, atau berbelanja, menyediakan tempat cuci tangan diluar rumah, adalah salah satu langkah positif menghilangkan kuman atau virus sebelum kita masuk rumah.

Banyak media yang memberitakan tentang aktifitas ini, dan sudah dilakukan diberbagai tempat, baik perkotaan, maupun rumah-rumah di perkampungan.

Penyediaan hand sanitizer sudah mulai langka, jika ada harganya melambung tinggi. Kemudian, penyemprotan disinfektan juga sudah diberitakan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), bahwa disinfektan itu seharusnya digunakan untuk benda mati. Maka, Tempat cuci tangan diluar rumah, diarasa efektif dan bisa dibuat oleh semua orang, bahkan siswa SMA/SMK sekalipun bisa membuatnya.

Desy Kartikaningtyastuti, S.Pd, guru Fisika SMK PEMUDA Krian – Sidoarjo (Smedaka), berinisiatif membuat tempat cuci tangan tersebut dari kaleng cat bekas, berikut penjelasannya.

Pertama, kita siapkan kaleng bekas cat ukuran 20Kg, cuci dulu sampai bersih untuk menghilangkan bekas cat didalam kaleng. Satu buah kran galon air yang harganya berkisar antara Rp.7.000,- sampai Rp.20.000,- suka-suka kita mau pilih yang mana, banyak tersedia di toko bangunan, toko perabot rumah tangga, atau minimarket dekat rumah Anda.

Kedua, botol sabun cair, boleh botol shampo bekas atau yang lainnya, kecil saja ukurannya, jangan terlalu besar. Hitung-hitung irit tanpa biaya yang mahal, hehehehe.

Jika semua sudah tersedia, tandai kaleng bekas sesuai dengan diameter lubang kran menggunakan spidol atau bolpoint. Setelah diberi tanda, lubangi kaleng tersebut, gunakan bor. Atau, ujung obeng yang dipanaskan diatas kompor, jika sudah panas, tancapkan obeng tersebut pada bagian kaleng yang sudah ditandai hingga lubang sesuai ukuran kran.

Jangan lupa, ratakan biar rapi bekas lubang tersebut menggunakan pisau atau cutter. Oh iya, jangan lakukan ini bersama anak kecil loh ya, bahaya, hehehehe. Setelah lubang sudah siap, pasang kran tersebut.

Nah, ketika semua sudah selesai, letakkan kaleng tersebut di teras rumah, jangan lupa diisi airnya. Nah, disebelah kaleng berisi air itu, letakkan pula botol kecil yang sudah diisi sabun.

Hasilnya, bisa dilihat pada foto. Murah, mudah, simpel, bisa dilakukan di rumah untuk sampingan work from home (WFH) atau belajar di rumah bagi Anda yang masih sekolah. Selamat mencoba, dan semoga kita selalu diberi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *