Ini Alasan Kenapa Pilih Smedaka

Ini Alasan Kenapa Pilih Smedaka

Sidoarjo – Pendidikan bukan sekedar sebuah sistem persekolahan. Namun, lebih besar meliputi segala daya dan upaya yang menyangkut transormasi sebuah nilai dan kemampuan yang berlangsung dalam interaksi antar individu dan sistem sosial.

Dalam masyarakat modern, pendidikan diberikan peran yang begitu dinamis. Secara umum, pendidikan diarahkan untuk merubah dan mengembankan nilai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pendidikan yang baik dapat diukur dari nilai tambah yang didapat masyarakat dan individu untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteran hidupnya.

Sebagai upaya dalam konteks pembangunan masyarakat, pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dirasa memungkinkan dan sebagai salah satu solusi pada era globalisasi akhir-akhir ini.

Pada posisi ini peran dan fungsi pendidikan mencakup beberapa komponen penting pembangunan manusia yang dilakukan SMK PEMUDA Krian – Sidoarjo (Smedaka). Pertama, upaya untuk melaksanakan wajib belajar yang dicanangkan pemerintah. Kedua, pemenuhan tuntutan aspirasi masyarakat. Ketiga, sebagai upaya untuk membina kepribadian setiap insan yang ada di sekolah, mulai dari Shalat berjamaah, membaa Al Quran, sikap, hingga transfer ilmu pengetahuan.

Keempat, Smedaka merupakan sekolah rujukan untuk menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kelima, Smedaka berperan sebagai upaya menyiapkan tenaga kerja yang terampil, ini dibuktikan dengan berbagai perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan sekolah. Sebut saja Alfamidi, yang memberikan fasilitas magang dan ketika lulus sekolah, siap mengembang karir di perusahaan tersebut tanpa lakukan training terlebih dahulu.

Keenam, Smedaka adalah sebagai tempat untuk transformasi kebudayaan. Kenapa, hampir tiap angkatan, ada kegiatan pentas seni, yang didalamnya mengambil unsur budaya lokal, seperti tari remo oleh siswa, rangkaian acara khusus berbusana kebaya, hingga aktifitas penyajian jajajan lokal kreasi siswa pada ujian praktik akhir tahun.

Tidak ada salahnya, jika kita sebagai orang tua, mampu mempercayakan putra-putri untuk sekolah di SMK PEMUDA Krian. atau mungkin kita yang masih SMP/MTs, melanjutkan di Smedaka adalah suatu hal yang benar dan tidak salah.

Dari tahun ketahun, selalu ada inovasi dan pembaharuan yang ada di Smedaka. Baik dari segi fasilitas, penguatan sumber daya manusia, yang lebih dari 70%, tenaga pendidik sudah bersertikasi, bahkan bisa dikatakan guru yang sudah berpengalaman.

Ditulis oleh: Emil Mukhtar Efendi, S,Kom. (Humas Smamita/Alumni Smedaka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *