Dengan Program Ini, SMK PEMUDA Cetak Para Ahli Sedekah

Sidoarjo – Banyak sekolah yang sudah menerapkan berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan kualitas peserta didiknya melalui program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Hal tersebut berdasar Peraturan Presiden RI (perpres) No 8 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Salah satu sekolah yang menerapkan PPK adalah SMK PEMUDA Krian.

Aktivitas di SMK PEMUDA Krian menitikberatkan pada penguatan PPK ini. Mulai jam 06.00 peserta didik sudah harus sampai di sekolah, termasuk para guru dan karyawan. Beberapa guru dan pimpinan sekolah berbaris di halaman menyambut kedatangan peserta didiknya dengan Salam, Sapa, Salim. Para peserta didik kemudian menuju masjid dengan kesadaran untuk melaksanakan shalat Dhuha,  membaca Al-Qur’an bersama dan dilanjut kultum. Tujuan dibiasakan kultum adalah untuk menumbuhkan percaya diri dan mampu mengimplementasikan public speaking.

Aktivitas lainnya yang menunjang penguatan pendidikan karakter di SMK PEMUDA Krian (SMEDAKA) adalah gerakan dana sosial. Gerakan ini dilakukan setiap Hari Senin, Rabu, dan Jum’at.

“Gerakan dana sosial ini sudah lama dilakukan. Hasil uang yang terkumpul, sementara disimpan di BANK MUDA. Unit usaha milik SMEDAKA. Hal ini untuk membantu teman mereka yang kurang mampu. Seperti biaya pendidikan, membeli seragam, bahkan ada yang dibelikan kaca mata sebagai penunjang mereka dalam belajar. Kepedulian terhadap teman dengan menginfaqkan sedikit uang saku inilah yang membuat kehidupan mereka lebih bermanfaat,” Kata Kepala SMK PEMUDA Krian Susi Herawati.

(Sumber: PWMU.CO – emil/ilmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *